Pada Galau dengan waktu yang sering tebuang Percuma..? hehe Atau banyak agenda ?
Berikut adalah tips mengelola waktu yang optimal agar bisa EFektif dan Efisien:
1. Tentukan Skala Prioritas
Berikut adalah tips mengelola waktu yang optimal agar bisa EFektif dan Efisien:
1. Tentukan Skala Prioritas
Tentukan yang menurut anda paling penting dan paling pokok.bisa yang lebih dekat waktunya atau yang paling vital
2. Buat Jadwal Kegiatan
Catatlah
agenda yang akan Kamu lakukan pada Buku agenda atau mungkin pada kertas
ditempelkan di dinding meja belajar. Kenapa di buku agenda ? kenapa
tidak di Kertas yang lain saja ?. Jawabanya karena pada kertas yang
lepas biasanya kalau hilang maka agenda kita akan kacau.
(urutkanlah kegiatan di jadwal dari yang paling pokok dulu.)
Pada
saat ini sudah ada Aplikasi yang mudah digunakan dalam mengatur Jadwal.
misalnya saja Any Do. Aplikasi ini mampu mengelola Jadwal sesuai
prioritas tertentu
3. Disiplin
Bersikaplah disiplin dan tegas pada diri
Anda sendiri. Manfaatnya juga dapat Anda rasakan sendiri. Jangan
menunda-nunda kegiatan. Itu hanya akan membuat pekerjaan Anda menumpuk.
Mata rantai kebiasaan terlalu mudah untuk kita ciptakan, namun terlalu
sulit untuk kita tinggalkan. Ciptakan kebiasaan baik sebagai ganti
kebiasaan buruk.
4. Bertahap
Jika
dirasa semua agenda sangat sulit dan semuanya berat, Selesaikan satu
per satu. jangan bersama sama, karena nanti hasilnya tidak optimal
5. Kombinasi Kegiatan
Jika Anda dapat melakukan dua atau lebih
kegiatan dalam satu waktu itu akan jauh lebih efektif dan efisien.
Memasak sambil mendengar audio ceramah atau motivasi. Membaca saat dalam
antrian atau kendaraan umum. Menulis jadwal kegiatan saat buang air
besar. Pokoknya, pintar-pintarlah mengombinasikan kegiatan selama
kegiatan itu memang dapat Anda kombinasikan.
No comments:
Post a Comment