Tips Dan Trik Menabung Yang Efektif - Joko Suprap

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, September 19, 2015

Tips Dan Trik Menabung Yang Efektif

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/744521/big/042692600_1412071301-o-GENEROUS-PROVINCES-facebook-850x566.jpgAkhir akhir ini harga barang barang mulai melambung, apa lagi sekarang dolar merangkak naik terus,sehingga sedikit kesulitan untuk menabung, namun hal itu dapat di atasi dengan tips-tips berikut:

1. gunakanlah kembali barang barang yang sudah tidak digunakan (daur ulang) misalnya, untuk menghemat dalam membeli pot anda dapat menggunakan bungkus detergent untuk digunakan sebagai pot dengan meggunting bagian atas bungkus setergent, dan membuat lubang kecil dibawah bungkus sebagai jalur air untuk keluar.

2. tetapkanlah daftar belanja sebelum berbelanja agar tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

3. perhitungkan rencana mengumpulkan uang. misalnya, anda ingin membeli sebuah tablet pc, misalkan harganya Rp.4000.000, dengan gaji Rp.100.000/hari, dan harus membiayai keperluan rumahtangga misalkan saja Rp.30.000/hari, maka anda masih memiliki sisa Rp.70.000/hari untuk ditabung. Sebaiknya anda memisahkan tabungan anda yang Rp.20.000/hari (untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang mendesak), dan Rp.50.000/hari (untuk membeli tablet pc) sehingga anda masih dapat membeli tablet pc dalam waktu 80 hari tanpa di ganggu hal hal lain karena anda sudah menyediakan uang lain untuk keperluan mendesak.sebaiknya anda tidak mengambil uang dari tabungan Rp.20.000/hari karena sesuatu dapat terjadi tanpa diduga-duga.

4. jika anda banyak mengeluarkan uang karena makan siang, maka saya anjurkan untuk berpuasa. Lumayan, bisa menghemat uang. mungkin uangnya bisa untuk bembayar tagihan listrik. sehingga bisa menambah tabungan.

5. Hati-hati terhadap TRIK SALES. Anda jangan langsung membeli barang jika orang mengatakan bagus dan cocok buat anda, karena itu hanyalah trik trik pedagang/sales jika anda langsung membelinya maka sesampainya dirumah anda akan kecewa. Jadi, jika anda belum paham betul dengan barang yangakan Anda beli sebaiknya anda mengajak teman yang sudah paham.

6. Teliti sebelum membeli barang , seperti diatas apabila belum paham dengan barang yang hendak dibeli maka ajaklah teman yang sudah paham mengenai barang tersebut.


Demikian Tips Dan Trik Menabung Yang Efektif semoga beruntung !!!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot